Kuliah Tamu Penjelasan Beasiswa Unggulan dan IGSP

Tanggal 23 Februari 2012, dari pukul 10.00 hingga 16.00 saya menghadiri acara Kuliah Tamu yang diselenggarakan untuk mahasiswa terpilih penerima Beasiswa Unggulan Program Fast Track di Rektorat Lantai 6 Universitas Brawijaya, Malang. Banyak hal yang saya peroleh selama mengikuti acara tersebut diantaranya penjelasan langsung mengenai apa itu Beasiswa Unggulan dan mekanisme penerimaan Beasiswa Unggulan, penjelasan Program Fast Track, mekanisme, syarat dan sasaran dari Program Fast Track tersebut, penjelasan mengenai Indonesian-German Scholarship Programme (IGSP) oleh Dr. Svann Langguth, yang menjelaskan tentang bentuk kerjasama bidang pendidikan antara DIKTI dan Universitas-Universitas di Jerman, kemudian penjelasan mengenai SEAMOLEC, kewajiban dan tanggung jawab peserta Program Fast Track, dan yang terakhir yaitu Ordik dari Universitas Brawijaya.

Selama acara berlangsung, banyak pertanyaan dari mahasiswa mengenai materi yang diberikan, terutama mengenai kewajiban dan tanggung jawab peserta Program Fast Track dimana setiap mahasiswa diwajibkan untuk melaksanakaan Intelectual Social Responsibility (ISR) dengan melakukan magang di SMA/SMK/SMP di Kota Malang dan penulisan jurnal atau artikel ilmiah yang dipublikasikan. Pertanyaan yang diajukan seputar mekanisme magang yang mengharuskan mahasiswa untuk berbagi ilmu dengan murid-murid di sekolah sebagai bentuk pengabdian dan tanggung jawab mahasiswa kepada negara.

Magang dilakukan selama menjalani studi S2 dengan alokasi waktu 4 jam/minggu dan perkembangan magang serta perkembanagan pendidikan lainnya harus dilaporkan di blog. Agaknya banyak mahasiswa yang cukup keberatan dan bingung karena mengetahui persyaratan  kewajiban peserta Program Fast Track yang begitu banyak melebihi dari kontrak sebelumnya yang ditandatangani. Dalam hal ini diperlukan penyesuaian mahasiswa terhadap tanggung jawab tersebut mengingat mahasiswa juga masih dibebani oleh pelaksanaan skripsi dan juga dari pihak pemberi Beasiswa Unggulan agar lebih arif memberi kebijakan dan kewajiban sehingga Program Fast Track dapat berjalan dengan lancar dan sesuai harapan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s