Praktikum Genetika Sel

Setiap hari Jum’at, saya dan teman-teman Fast Track Program Studi Ilmu Tanaman Jurusan Pemuliaan Tanaman mengikuti praktikum mata kuliah Genetika Sel yaitu mencari pembelahan mitosis dan meiosis pada organ tanaman, diantaranya menggunakan akar bawang merah, akar padi, bunga sepatu, bunga melati, bunga bawang, dan bunga pisang.

Selama tiga minggu melakukan praktikum, kami masih belum menemukan pembelahan yang dicari kecuali hasil akhir pembelahan yaitu tahap telofase atau akhir telofase sehingga praktikum masih terus dilaksanakan beberapa minggu kedepan untuk mencari tahapan pembelahan yang lain seperti profase, metafase, dan anafase. Agaknya praktikum Gensel membutuhkan keterampilan dan ketelitian dalam membuat preparat bahan dan pengamatannya.

Keberhasilan pengamatan mikroskopis tersebut dipengaruhi oleh beberapa hal diantaranya jaringan yang digunakan (lebih baik menggunakan jaringan yang muda), stadia pembelahan (gunakan jaringan meristem yang selalu membelah), mekanisme pewarnaan (menggunakan acetocarmine dengan konsentrasi yang berbeda), serta tebal tipisnya preparat. Kami masih dalam tahap pembelajaran, akan terus berusaha sebaik mungkin untuk memenuhi tujuan praktikum tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s