Blast pada Padi

Penyakit : Blast pada Padi
Pathogen : Magnoporthe oryzae (anamorph : Pycularia oryzae)
Menyerang : Padi (Oryza sativa)

Ratusan juta dari seluruh orang di dunia ini bergantung pada beras sebagai makanan utama. Kegagalan panen dengan alasan apapun, dapat menyebabkan kelaparan. Penyakit blast pada padi, disebabkan oleh jamur yang dapat menyebabkan luka pada daun, batang, benih bahkan akar sehingga penyakit ini berpotensi sebagai ancaman besar kegagalan panen.

Gejala dan Tanda Penyakit Blast pada Padi
Gejala blast pada padi termasuk luka yang dapat ditemukan di semua bagian tanaman, termasuk daun, leher daun, panicles, pedicles, dan biji.
• Daun Padi : Gejala pada daun tergantung dari kondisi lingkungan, umur tanaman, dan tingkat resistensi kultivar. Luka biasanya berbentuk diamond (bujur sangkar) dengan warna pertama-tama abu-abu kehijauan dan hijau gelap di pinggir-pinggirnya.
• Leher Batang Padi : Leher tanaman padi menunjukkan pertemuan daun dan tangkai daun. Gejala infeksinya yaitu terdiri dari area luas dari nekrosis dalam gabungan dua jaringan. Infeksi pada leher batang dapat membunuh seluruh jaringan daun. Jamur mungkin memproduksi spora pada luka tersebut.
• Leher dan Panicles Padi : Infeksi pada leher padi dapat sangat merusak, menyebabkan kegagalan terisinya biji padi atau disebut “hampa/kosong” dan menyebabkan seluruh panicle membusuk. Luka biasanya berwarna abu-abu kecoklatan.
• Biji Padi : jamur biasanya diisolasi dari pedicles ke biji. Biji tidak berproduksi ketika pedicles diinfeksi, dan konsisi tersebut disesbut hampa/kosong. gejalanya yaitu terdapat warna bintik coklat,noda, dan biasanya luka berbentuk diamond klasik pada daun.

Biologi Patogen
Jamur yang menyebabkan blast pada padi yaitu Magnoporthe oryzae (umumnya disebut Magnaporthe grisea). Jamur tersebut termasuk ascomicotina karena memproduksi spora secara sexual, dalam structural dinamakan asci, dan klasifikasinya termasuk family Magnaporthaceae. Asci yang ditemukan dengan struktur yang lebih khusus dinamakan perithecia.

Siklus Penyakit dan Epidemology
Umumnya, blast pada padi dipengaruhi oleh suhu (240C) dan kelembaban tinggi selama 12 jam atau lebih, kondisi tersebut dapat dicapai pada kondisi lahan padi yang tergenang. Siklus dari banyak spora yang diproduksi di masing-masing luka dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk suhu, curah hujan, kedalaman genangan padi, banyak pupuk nitrogen yang diberikan dan tingkat ketahanan kultivar yang terinfeksi.

Manajemen Penyakit
• Strategi kebudayaan termasuk teknik yang berguna dan disarankan untuk diikuti petani padi.
1. Rotasi tanam adalah salah satu teknik yang efektif dan sederhana yang direkomendasikan karena menyediakan suatu mekanisme yang memisahkan spora yang dapat terus hidup dari sisa hasil panen.
2. Mendorong dan memikirkan bahwa pemupukan di amsing-masing kultivar yang berbeda dilakukan secara tepat. Kelebihan penggunaan pupuk Nitrogen dapat menambah jumlah blast pada padi di sawah mereka. Nitrogen tinggi dapat meningkatkan kerentanan terhadap penyakit.
3. Selalu memperhatikan kesulitan pekerja untuk memelihara level genangan air yang tepat dan sesuai .
Demikian , blast pada padi sering ditemukan pada lahan yang tidak menerapkan rotasi tanam, irigasinya terbatas, dan kelebihan pupuk terutama Nitrogen.

Signifikansi dari Penyakit
Beras adalah makanan pokok untuk sebagian besar populasi manusia di dunia saat ini. Blast pada padi sejauh ini adalah penyakit terpenting dari banyak penyakit yang menyerang padi. Ini ditemukan dimanapun padi tumbuh sehingga selalu menjadi ancaman bagi para petani. Blast pada padi tidak pernah tersisih dari daerah di mana padi tumbuh, dan cara utama adalah dengan menggunakan tanaman yang memiliki gen resistensi terhadap penyakit tersebut sehingga dapat mengurangi kehilangan hasil yang signifikan dan merupakan manajemen yang sukses.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s