Pameran HPS ke 34 di Sidoarjo

LAPORAN PELAKSANAAN PAMERAN

”HARI PANGAN SEDUNIA ke 34” DI KABUPATEN SIDOARJO

I. PELAKSANAAN

Hari / tanggal   : Kamis-Jum’at / 16-17 Oktober 2014

Jam                     : 09.00 – selesai

Tempat              : Parkir Timur, Gelanggang Olah Raga (GOR) Kabupaten Sidoarjo

Pelaksana          : Badan Ketahanan Pangan Prov. Jawa Timur

Peserta              : – Badan Ketahanan Pangan Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur

– Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan Kabupaten dan Kota se-Jawa Timur

– Dinas Jawatan / Instansi terkait

II. KEGIATAN

Peringatan Hari Pangan Sedunia dilakukan setiap tanggal 16 Oktober yang bertepatan dengan terbentuknya Food and Agriculture Organization (FAO). Penyelenggaraan HPS di Indonesia dijadikan momentum dalam meningkatkan pemahaman dan kepedulian masyarakat dan para stakeholder terhadap pentingnya penyediaan pangan yang cukup dan bergizi, baik bagi masyarakat Indonesia maupun dunia. Peringatan HPS ke-34 Tahun 2014 memiliki tema “Pertanian Bioindustri Berbasis Pangan Lokal Potensial”, bertempat di GOR Sidoarjo dibuka oleh Sekdaprov Jatim, Akhmad Sukardi. Peringatan HPS tersebut juga sekaligus memperingati HUT Prov. Jatim Ke- 69  dengan mengadakan pameran olahan pangan dari seluruh Kabupaten Kota di Jatim, bazar murah, lomba cipta menu dan Festival Makanan Raja-Raja Majapahit

Peringatan HPS merupakan perwujudan Jatim siap menghadapi ASEAN Economic Chalenge (AEC) yang akan dimulai pada tahun 2015. Kabupaten Sidoarjo sebagai tuan rumah diwakili oleh Badan KetahananPangan dan Pelaksana Penyuluhan serta Dinas Perikanan dan Kelautan juga ikut serta dalam ajang pameran tersebut. Kabupaten Sidoarjo yang terkenal dengan potensi alam bandeng dan udang menampilkan berbagai olahan pangan antara lain bandeng asap, bandeng presto, otak-otak, kerupuk udang, petis, telur asin, susu segar, puding, olahan jamur dan beberapa produk jamu yang stannya ramai dikunjungi pembeli.

Pameran tersebut tepat sekali sebagai ajang promosi potensi daerah sehingga dapat meningkatkan perekonomian lokal khususnya dari industri rumah tangga maupun perusahaan yang bergerak dibidang olahan pangan. Namun, pameran tidak hanya menampilkan olahan pangan, berbagai informasi mengenai pertanian, perikanan dan peternakan juga disuguhkan. Pengunjung sangat antusias terhadap pameran HPS, baik kalangan umum, petani, peternak, pengusaha, petugas dinas maupun pelajar. Melalui pameran, masyarakat umum diharapkan bisa memahami keaneragaman jenis makanan meliputi produk olahan, hasil pangan di bidang pertanian, peternakan perkebunan dan perikanan yang berasal dari alam di Jatim. Selama ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui olahan pangan masing-masing daerah di Jatim. Dengan adanya pameran ini sekaligus sebagai sosialisasi  keaneragaman hasil pangan alam Jatim yang siap untuk dipasarkan di pasar global serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap inovasi di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

III. KESIMPULAN

  • Peringatan Hari Pangan Sedunia merupakan wujud Jatim siap menghadapi ASEAN Economic Chalenge (AEC) 2015.
  • Peringatan HPS menampilkan pameran olahan pangan daerah Kabupaten/Kota se Jawa Timur, bazar murah, festival makanan dan perlombaan cipta menu.
  • Pameran HPS berguna mengenalkan produk-produk unggulan Indonesia khususnya Jawa Timur serta meningkatkan pengetahuan masyarakat terhadap inovasi di bidang pertanian, perkebunan, peternakan dan perikanan.

DSC03522

DSC03553

DSC03556

DSC03508

DSC03503

DSC03542

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s